1. Latar belakang pendidikan Kewarganegaraan
Dimulai sejak era penjajahan kemudian di lanjutkan dengan era perebutan dan mempertahankankemerdekaan sampai menimbulkan berbagai macam tuntutan sesuai zamannya.semangat perjuangan bangsa indonesia tidak mengenal lelah dengan merdekanya bangsa indonesia pada 17 Agustus 1945.
2. Kompetisi yang diharapkan
a) Hakikat pendidikan ialah masyarakat dan pemerintah yang berupaya menjamin kelangsungan hidup generasinya secara berguna
b) Kemampuan warga negara ialah mengantisipasi perkembangan,perubahan masa depan teknologi dan seni yang berlandaskan nilai-nilai pancasila.
c) Menumbuhkan wawasan warga negara ialah setiap warganegara harus menguasai ilmu pengetahuan , tegnologi, seni ,dan yang lainnya.
d) Dasar pemikiran pendidikan kewarganegaraan ialah pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa indonesia dan untuk meningkatkan harkat dan martabat bangsanya.
e) Kompensasi yang diharapkan
I. Beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa
II. Berbudi pekerti luhur
III. Rasional, dinamis dan sadar hak dan kewajiban
IV. Bersifat profesional
V. Aktif memanfaatkan imu pengetahuan.
3. Pengertian dan pemahaman tentang bangsa dan negara
a) Pengertian Bangsa ialah orang-orang yang memiliki kesamaan asal keturunan adat ,bahasa yang berpemerintah sendidri
b) Pengertian dan pemahaman negara
I. Pengertian negara sekumpulan manusia yang bersama – sama mendiami suatu wilayah tertentu dan mengakui adanya pemerintahan yang mengurus tata tertib erta keselamatan kelompoknya.
II. Teori terbentuknta negara
a. Teori hukum alam
b. Teori ketuhanan
c. Teori perjanjian
III. Unsur negara
a. Bersifat konstitutif (tidak mutlak)
b. Bersifat Deklatif (de jure dan de facto)
IV. Bentuk negara ialah negara kesatuan (unitari state ) dan negara serikat (federation)
4. Proses bangsa yang menegara
· Perjuangan pergerakan kemerdekaan
· Proklamasi atau pintu gerbang kemerdekaan
· Keadaan bernegara yang nilai-nilai dasarnya ialah merdeka,berdaulat, adil,dan makmur.
5. Hubungan warga negara dan negara
a) Siapakah warga negara ialah orang-orang bangsa indonesia asli dan orang bangsa lain misalnya perakan belanda,peranakan tionghoa dan lain.
b) Kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan ialah bahwa setiap penduduk atau warga negara mempunyai kedudukan yang samadihadapan hukum dan pemerintahan (pasal 27 ayat 1)
c) Hak atas oekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kehidupan ialah setiap warga berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
d) Kemerdekaan berserikat dan berkumpul ialah dapat mengeluarkan pikiran secara lisan dan tertulisyang diatur dalam undang-undang.
e) Kemerdekaan memeluk agama ialah negara berdasarkan atas ketuhanan yang maha esa pasal 29 ayat 1
f) Hak dan kewajiban pembelaan negara ilah ikut serta dalam membela tanah air (pasal 30 ayat1)
g) Hak mendapat pengajaran
h) Kebudayaan inasional indonesia ialah hendaknya memajukan kebudayaan indonesia.
6. Konsep tentang demokras
§ Konsep demogrsi ialah sebuah bentuk kekuasaan dari rakyat dan oleh rakyat itu sendiri.
§ Bentuk demograsi ialah :pemerintahan monarki dan pemerintahan republik
§ Kekuasaan dalam pemerintahaan ilah membagi tiga cabang kekuasaan yaitu legislatif,eksekutif,dan federatif
7. Pemahaman hak asasi manusia
a) Menimbang bahwa pengakuan atas martabat yang melekat dan hak-hak yang sama tidak terasingkan dari semua anggota keluarga kemanusiaan , keadilan, dan perdamaiaan dunia.
b) Menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah pada hak-hak asasi manusia telah mengakibatkan perbuatan-perbuatan bengis yang menimbulkan rasa kemarahan dalam hati nurani umat manusia.
c) Menimbang bahwa hak hak manusia perlu dilindungi oleh peraturan hukum
d) Menimbang bahwa persahabatan antar negara perlu dilanjutkan.
e) Menimbang bahwa pengertian umum terhadap hak hak kebebasan – kebebasan ini adalah penting sekali untuk pelaksanaan janji secara benar.
8. Perkembangan pendidikan pendahuluan bela negara
a) Situasi NKRI dibagi dalam periode-periode
· Tahun 1945 sejak NKRI diproklamasikan sampai tahun 1965 disebut jaman orde lama
· Tahun 1965 sampai tahun 1998 disebut orde baru
· Tahun 1998 sampai dengan sekarang disebut reformasi.
9. Teori geopolitik ialah berasal dari kata “geo’ atau bu mi dan politik yang berarti kekuatan yang didasarkan pada pertimbangan – pertimbangan dasar dalam menentukan alternatif kebijak sanaan untuk mewujudkan tujuan nasional
I. Pandangan ajaran frederich ratzel ialah merumuskan untuk pertama kalinya ilmu bumi politik sebagai hasil penelitian yang ilmiah dan universal.
II. Pandangan ajaran Rudolf Kjellen ialah tentang teori-teori mengaskan bahwa negara adalah suatu organisme yang dianggap sebagai “prinsip Dasar”
III. Pandangan ajaran Karl Houshofer ilah perkembangan pandangan ini juga di kembangkan di jepang yaitu dalam ajaran Hako Ichiu yang dilandasi oleah semangat militerisme dan fasisme.
IV. Pandangan ajaran Sir Halford Mackinder ilah yang mencetuskan konsep benua yaitu konset kekutan di darat .barang siapa yang menguasai “daerah jantung”yaitu Eurasia(eopa dan asia0 ia dapat menguasai “pulau dunia” yaitu asia,eropa dan afrika.
V. Apandangan ajaran Nicholas J.Spykman ialah menghasilkan teori batas daerah (rimland) yaitui wawasan kombinasi yang menghubungkan kekuatan darat , laut,dan udara.
10. Geopolitik indonesia ialah pemahaman tetang kekuatan dan kekuasaan yang dikembangkan di indonesia didasarkan pada pemahaman tentang paham paham perang dan damai indonesia serta di sesuai kan dengan kondisi konstelasi geografi indonesia.