Kamis, 25 November 2010

Waspadai Kadar Pencemar Udara di dalam Mobil

Waspadai Kadar Pencemar Udara di dalam Mobil
Di Negara-negara yang kendaraan bermotor masih menggunakan bensin bertimbel atau mengapi mesinya jelek,dampak polusi udara sangatlah besar.Di Indonesia kalangan perguruan tinggi dan LSM telah mengungkapkan dampak buruk itu,antara lain meningkatkanya penderitaan saluran pernap serta penurunan IQ pada anak-anak.
-PEMBARUAN/LUTHER ULAG
DAMPAK PENCERNAAN tiap hari jalan-jalan besar seperti Jakarta akrab dengan kemacetan lalu lintas:Dampaknya,selain meningkatkan pendertaan saluran pernapasan serta penurunan IQ pada anak-anak,pencemaran udara ini juga mengakibatkan gejala sakit kepala,perih dimata, tenggorokan kering,stress atau emosi tek terkendali.
Sejumlah hasil penelitian membuktikan bahwa pencemaran udara juga mengakibatkan sakit kepala,perih dimata,tenggorokan kering,stress,atau emosi tak terkendali.Mereka yang ada dipinggir jalan atau disekitar jalan raya yang dipadatkan kendaraan paling berpotensi terpapar populasi udara.
Namun, penelitian Environmental Transport Associantion T (ETA) dari inggris menunjukkan kadar pencerna udara (benzene) didalam kabin mobil bias 27 kali lipat dibanding di luar mobil.Ini berarti,berada di dalam mobil ber-AC yang tertutup rapat tidak menjamin kita terhindar dari polusi.Apalagi jika terlalu lama terjebak dalam kemacetan lalu lintas.
Para pengamat dan kalangan LSM berulang kali menganjurkan dihapuskan timbel didalam bahan bakar premium dan primex sesegera mungkin.Timbel mengandung racun dan jika berakumulasi bisa menyebabkan kanker dan penyakit lainya.Mesin semua kendaraan bermotor juga harus dirawat dengan baik.Selain itu,mobil atau motor yang masih mengeluarkan emisi di atas baku mutu harus ditindak.
Pada lokakarya khusus bagi jajaranya kepolisian yang digelar di Jakarta,beberapa waktu lalu,terungkap,polisi lalu lintas menderita akibat polusi udara.jajaran kepolisian telah menegaskan,siap menindak pemilik kendaraan yang melanggar Baku Mutu Emisi (BME) asalkan diperlengkapi dengaan peraturan pelaksanaanya jelas dan prasarana yang memadai.
Sebenarnya banyak keuntunngan jika kita merawat mesin kendaraan antara lain kinerja mesin lebih andal,bahan bakar hemat,usia pakai mesin lebih lama,dan yang pasti udara akan lebih sehat.Dengan penyetelan mesin,gas buang beracun dapat dikurangi.Jika semua kendaraan di Jakarta dan kota-kota lainya terawatt dengan baik,selain bisa terhemat bahan bakar dan uang,udara akan bersih dan sehat.

Pemerintah sudah mencanangkan Jakarta bebas mesin bertimbel pada 2001 dan diseluruh Indonesia pada 2003.bali sudah di minta melaksanakan kebijakan itu mei tahun 2002 ini juga. Pada 27 mei hingga 7 juni 2004 Bali menjadi tuan rumah Preparatory Committee atau Premcrom IV berkaitan dengan peringatan 10 tahun K pembangunan Berkelanjutan (World Summit on Sustainable Development/WSSD).
Acara di Bali itu akan dihadiri sekitar 7.000 peserta dari 170 negara.Pertemuan itu akan dihadiri para menteri,kalangan swasta,dan industry,ilmuan,LSM,serta media masa internasional.Peserta bukan hanya yang berhubungan dengan bidang lingkungan hidup tap dari semua sector terkait.

1 komentar:

  1. Dapatkan Bonus Freechip Deposit Via OVOpay Indonesia!
    Proses Cepat, Praktis, Tidak Ada Jam Offline
    Syarat & Ketentuan Bonus Berlaku Untuk Semua User ID Di Bolavita
    Ayo Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    BalasHapus